Friday, February 13, 2009

Friday 13th

Hah??? Hari ini Friday, 13.
Tadi pagi waktu ingat2 besok 14 Feb itu Valentine, tiba2 juga jadi nyadar kalau hari ini Friday, 13. Friday the 13th???

Dengernya aja lumayan serem yah..
Cari2 bacaan tentang Friday 13th, dapat bacaan ini di Kompas hari ini.
Quite interesting juga nih..
Buat nambah knowledge kita aja tentang apa sih istilah ini sebenernya...


Kompas, Jumat, 13 February 2008.

Mitos tentang "Friday the 13th" langsung terbayang hari ini karena tepat jatuh di hari Jumat tanggal 13. Di Indonesia, mitos tersebut mungkin tak terlalu dipedulikan namun di negara-negara barat sampai dianggap sebagai tanda kesialan.

Bahkan sampai-sampai ada gangguan psikologis yang menyebabkan seseorang takut setiap kali menghadapi Jumat bertanggal 13. Fobia seperti ini dikenal dengan sebutan paraskavedekatriaphobia atau friggatriskaidekaphobia. Fobia pada angka 13 disebut Triskaidekaphobia.

Tahun ini mendapat perhatian khusus karena dalam setahun bakal ada Jumat bertanggal 13. Jumat "sial" kedua akan datang sebulan ke depan, Jumat, 13 Maret 2009 dan disusul Jumat, 13 November 2009.

"Kejadian sampai tiga kali seperti itu hanya terjadi setiap 11 tahun sekali," ujar Thomas Fernsler, ahli matematika dari Universitas Delaware, AS. Rupanya rahasia angka 13 menjadi topik penelitian Fernsler selama lebih dari 20 tahun.

Sejak kapan mitos Friday the 13th mulai dipercayai masyarakat tak ada yang tahu pasti. Namun, mungkin hal tersebut ada kaitannya dengan sejarah masa lalu yang menyebutkan bahwa tamu ke-13 dalam Jamuan Makan Malam Terakhir akhirnya berkhianat kepada Jesus. Pada abad pertengahan, Jumat bertanggal 13 dianggap tanda kesialan.
(Kompas)

Di balik semua cerita, gw percaya hidup manusia itu ditentukan oleh Tuhan dan manusia itu sendiri, bukan oleh tanggal berapa.
That's why, bagi gw semua hari itu GOOD DAY..
As long as kita jaga supaya hati kita tetap baik, jaga perilaku kita, berpegangan sama pedoman agama kita masing-masing, gw yakin dunia ini akan jadi lebih baik.
Semua mulai dari pribadi masing-masing...

Doa gw, semoga dunia selalu akan jadi lebih baik setiap hari..
Dipenuhi juga dengan orang2 yang baik..
Diisi oleh jiwa2 yang baik..
Amiennnn...

No comments: