Wednesday, January 28, 2009

Gui Zhou - Somewhere there..

Hari ini liat tayangan di Da Ai TV. Acaranya namanya Children of The World.
Bener2 mengharukan. Gw sampai nangis (cengeng banget deh yah..)
Ceritanya tentang suatu daerah yang namanya Guizhou which is gw ga tau di mana tempatnya.
Acaranya ini nayangin lengkap untuk anak2 di sana, rumah mereka, keluarga mereka. Bener2 ga tahan liatnya.

Guizhou itu tempatnya gersang, tanaman susah tumbuh, maka rakyatnya jadi sangat miskin. Kebanyakan orang2 di sana bekerja jauh dari desanya. Jadi cuma anak2 aja yang tinggal di sana.

Cerita pertama tentang seorang anak laki2 dengan kakak perempuannya. Berusia 8 tahun dan 9 tahun. Mereka tinggal dengan kakeknya yang udah tua banget. Matanya aja juga ga keliatan katanya. Duhhh,, bener2 nyess banget deh liatnya. Tuh anak pulang sekolah sambil bawa 2 batang sayuran gitu. Terus mereka dapat bantuan dari Yayasan Shu Zhi, tapi ga dimakan (mungkin mau dijadiin stock kali yah), terus makanan yang mereka masak itu bubur jagung. Udah gitu, sayuran langsung dipotong2 gitu dan dimasak kuah.
Anak-anak kecil ini yang urus kakeknya loh.

Papanya kerja di pabrik dan meninggal. Terus Mamanya menikah lagi dan ninggalin mereka. Kata Paman mereka, pikiran Nyokapnya agak terganggu. Waduhhh..
Baju yang mereka pakai yah satu-satunya yang nempel di badan. Ga pernah ganti. Kalau musim panas, selembar jaket yang nempel di badan mereka dicopot. Kalau musim dingin, jaketnya dipakai lagi. Baju dalam yang dipakai juga keliatan banget udah kekecilan dan sobek juga. Rumahnya?? Jangan ditanya lagi, dari bilik bambu dan sudah sobek2. Gw coba bayangin gimana kalau musim dingin di sana, pasti dingin banget karena rumahnya terbuka begitu.

Yang gw salut dari mereka, walaupun masih kecil sekali, mereka sangat mandiri, terus juga tabah. Kalau gw di posisi itu, gw ga tau deh gimana. Gw ngerasa nasib gw bagus banget. Gw bener2 nyesel kalo gw sering ngeluh dan masih sering ngerasa kurang.

Ceritanya ga selesai sampai di situ aja. Itu baru 1 keluarga. Rata2 keluarga di sana dalam keadaan yang sangat sangat sangat miskin. Ada 1 anak perempuan yang mungkin umurnya belasan tahun. Namanya Hu Jie. Udah 5 tahun dia ga ketemu sama orang tuanya karena mereka bekerja di tempat lainnya. Orang tuanya ga pernah pulang. Gw aja yang baru berapa bulan ga pulang, udah kayak orang kebakaran jenggot. Compare ke mereka, gw masih bisa telp tiap hari. Bisa pulang tiap 2 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Gw udah beruntung banget.. Much.. Much.. Much better than mereka semua.

Ada 1 lagi yang namanya Duan Jing Jing. Orang tuanya udah meninggal dari dia umur 5 tahun. Umur 5 tahun udah jadi yatim piatu?? Dia bilang kalau dia kangen sama Mamanya, dia liat ke langit karena dia yakin salah satu bintang di langit itu adalah Mamanya. Duhhhh,,, gw ga bisa tahan nangis lagi tuh dengernya. Gw bisa ngerasain gimana kehilangan orang tua, padahal bokap gw meninggal, gw udah gede banget. Itu aja gw ngerasa kehilangan banget.

Moral of the story, gw ngerasa gw harus bersyukur banget buat kehidupan gw yang sekarang ini. Hidup gw ini udah bagus banget. Beruntung banget. Kalau bisa liat dari cerita2 gw, pasti loe pada tau deh seberapa beruntungnya gw. At least gw punya keluarga yang sayang banget sama gw. Gw punya temen2 yang care banget juga sama gw. Itu udah lebih dari cukup buat gw. Gw juga jadi ngerasa sadar untuk hidup lebih sederhana dan penuh syukur atas apa yang gw punya sekarang.

No comments: