Tuesday, November 18, 2008

I'm Sure He's Happy Now

Readers,

Inget ga waktu itu gw pernah cerita tentang seorang Om yang tinggalnya deket rumah. Om ini yang gw panggil "Asuk".
Kemarin gw dikasih tau sama Nyokap kalo ternyata Minggu malam kemarin, si Om sudah pulang ke rumah Bapa.

Sedih sih sebenernya dengarnya. Karena gw udah sekian belas tahun bertetangga sama si Om ini dan di mata gw, si Om adalah orang yang sangat baik.
Tapi di balik kesedihan gw, gw juga sebenernya senang. Wait,,, wait,, jangan pikir gw itu jahat. Alasan gw senang adalah akhirnya Om bisa bebas dari rasa sakitnya. FYI, si Om katanya kena kanker paru-paru dan lately dia sering muntah darah. Kasihan banget. Well anyway, above all, gw juga senang karena si Om akhirnya bebas dari rasa sedih dia karena mendapat perlakuan yang menurut opinion gw ga patut dia dapat sebagai seorang Ayah yang selama ini berjuang mati-matian untuk keluarganya.

Umur Om memang sudah ga muda lagi. He's 70 something already. Harusnya di umur segitu si Om udah bisa retired dan tinggal duduk menikmati masa-masa tuanya. Tapi yang terjadi malahan si Om harus menerima perlakuan yang ga pantas dari keluarganya.

Pernah sekali si Om sakit, ga ada satu orangpun anaknya yang nungguin di rumah sakit. So waktu nyokap gw ke sana dan ngeliat, langsung pulang dan telp anaknya. Can you imagine that?? Waktu gw denger, gw sedih banget. I know how si Om feel at that time? Yeah, si Om sering compare my Dad's life to his life. Si Om selalu bilang kalo Papa lebih beruntung karena punya anak2 yang sayang banget sama Papa. He also know that when my Dad was hospitalized, my Dad always had his children for him (at least, I never left him alone).

Kira2 beberapa minggu yang lalu, Nyokap cerita kalau dia jenguk si Om. Waktu Nyokap lagi buang sampah, denger kalau si Om lagi nangis sampai kenceng banget. So, Nyokap mampir la ke rumahnya untuk liat keadaannya gimana. Ditanya sakit, jawabnya ga. Tapi gw yakin itu nangis karena putus asa dan sedih yang udah terlalu dalam.
Waktu sakit, pasti si Om juga desperate yang pasti, but seems none of his family care about his feeling. So, gw bilang sama Nyokap untuk luangin waktu jenguk si Om sering-sering and give him support.

Waktu dulu Bokap masih hidup, si Om ini juga sering curhat sama Bokap. Waktu Bokap passsed away, si Om sampai mau nangis karena dia katanya udah ga ada temen lagi. OMG... dia ngomongnya sampai matanya merah. Gw masih inget itu.

At least sekarang gw yakin si Om udah senang di sana. I'm sure he's happy now.
Udah ga ada rasa sakit.
Udah ga ada rasa sedih lagi.
Ga perlu terima perlakuan yang ga seharusnya dari keluarganya.

Asuk, selamat jalan yah. Saya yakin, Asuk pasti dikasih tempat yang special di sana.
Sekarang udah ga ada lagi yang perlu dikuatirin.
Kalo ketemu Papa, salam yah :)

Pesan buat semua yang baca cerita gw ini. Jangan pernah sia-sia-in orang tua kita.
Coba aja put yourself in your parents position if you want to do something on them.
Feel it, then you'll understand.

Gw tau mungkin istri dan anaknya si Om ga akan baca ini.
Tapi gw berharap mereka bisa sadar suatu hari nanti.

No comments: