Sunday, October 26, 2008

Pelajaran dari Si Engkong

Kejadian yang gw alami dan gw liat hari ini bener2 kasih pelajaran hidup yang beda 180 Derajat buat gw. Bikin gw bisa liat hidup dari sudut yang beda dan bikin gw lebih bersyukur untuk hidup gw yang sekarang ini.

Karena hari ini hari Minggu, seperti biasa gw mulai kegiatan gw agak siang. Sebenernya janjian sama beberapa temen untuk “BRUNCH” (Breakfast Lunch). Rencana jam 11 pagi. Tapi karena minggu, gw rasa temen2 juga agak males untuk mulai pagi2. Akhirnya baru jam 12 lewat, gw dijemput untuk brunch. Terus jemput beberapa temen lagi dan akhirnya ber-5 kita pergi ke Hotel untuk dim sum. Abis dim sum, kita ke mall untuk main bowling. Ga terasa ternyata udah sore, akhirnya kita pulang. Tadinya mau pergi massage, tapi gagal gara2 kata2 “bukan mukhrim”. Wekekeke.. Aneh dasar tuh temen gw..

Okay... Akhirnya kita pulang ke rumah, hotel and kost masing2.
Begitu pulang, yah kegiatan masih lanjut dengan mandi and makan.
Akhirnya hari ini makan mie instant lagi.. Nasib.. nasib.. emang anak kost yah gitu deh. Yang ada cuma mie instant aja.. hehehe.. Oia, lagi nulis baru sadar kalo masih punya buah, tapi sekarang udah kenyang, so ga mungkin lagi makan buah.

Sambil melakukan kegiatan gw, gw nonton acara di Trans TV. Biasanya di weekend gini tuh acara yang sering gw tonton acara reality show kayak”Andai Aku Menjadi..” dan ”Termehek Mehek”.

Acara ”Andai Aku Menjadi..” itu bagus banget menurut gw. Di acara itu ada orang yang untuk beberapa hari ikut tinggal sama orang2 yang hidupnya susah banget. Jadi orang itu akan ngerasain juga gimana sih rasanya kalau hidup seperti itu. Seperti hari ini misalnya, ada seorang cewe yang dikasih tugas tinggal sama Engkong Tukang Jualan toge rebus. Si Engkong itu umurnya udah 75 tahun dan tinggal dengan istrinya yang juga gw rasa umurnya kurang lebih sama. Keadaan si Nyak (begitu dipanggilnya) sangat menyedihkan. Nyak sakit sejak 3 tahun yang lalu, ga bisa jalan, badannya kurus banget.
Engkong tiap hari bangun jam 12 malam dan harus naik mobil kijang los bak untuk ke pasar yang jaraknya sekitar 0.5 jam dari rumahnya. Lalu Engkong belanja toge dan lainnya untuk jualan paginya. Hari itu Engkong ngabisin 70 ribu Rupiah untuk modal jualannya. Setelah belanja, Engkong pulang dan siapin jualannya. Engkong harus masak dulu dan setelah itu langsung berangkat jualan. Hari itu jualan dari pagi sampai malam, Engkong dapat 94 ribu. Dipotong modal 70 ribu dan ongkos 12 ribu, sisanya cuma 12 ribu aja. Kasihan sekali Engkong, udah harus bangun tengah malam, jualan seharian, cuma dapat uang 12 ribu. Gw ga tega liatnya. Gw aja untuk sekali makan udah lebih berapa kali lipatnya dari profit Engkong sehari itu. Bahkan uang yang gw habisin hari ini kalau Engkong jualan, butuh lebih dari 0.5 bulan buat dapetin. *..deep sigh...
Even hari ini temen2 gw bilang ”Enjoy Life”, tapi gw tetep ngerasa berdosa dengan cara gw pakai uang kalau liat hidupnya Engkong (ini yg gw bilang 180 Derajat beda).

Okay, lanjut lagi cerita Si Engkong. Seminggu Engkong jualan 5 hari. Sisanya 2 hari bukan berarti Engkong santai. 2 hari sisanya Engkong pake untuk ke sawah, istilahnya sih buat nge-gasak. Artinya ngegasak ini adalah sisa padi yang sudah dipanen, dipukul2 lagi supaya bisa dapat beras. Hari itu Engkong kerja seharian baru dapat 5 liter beras setelah digiling. Seharusnya orang yang gilingin itu ambil 1 liter dari setiap hasil 10 liter beras. Cuma hari itu Engkong cuma dapat 5 liter, dan si orang itu ga ngambil apapun dari Engkong. Waktu liat gw cukup terharu. Maksud gw setidaknya manusia sekarang ini masih ada hati yang begitu baik untuk ga selalu mikirin dirinya sendiri, jadi dia bebasin Engkong dari ongkos giling. Akhirnya dengan 5 liter beras yang Engkong dapat, Engkong dan Nyak bisa bertahan hidup 3 hari lagi. Yang paling mengharukan sebenernya adalah waktu ngeliat mereka makan. Jadi beras yang dimasak itu kadang banyak batunya. Terus lauknya tuh cuma timun aja. Gw cuma salut dan terharu sama rasa syukur Engkong dan Nyak yang begitu dalamnya walaupun kehidupannya sangat minim.

Gw jadi lebih tau lagi apa yang dimaksud puas. Puas itu bukan karena kita bisa jadi kaya dan banyak uang atau hidup berlimpah. Puas itu seharusnya bagaimana kita mensyukuri apa yang kita dapat.

Hari ini gw bercermin dari kisah si Engkong. Realiti yang harus dihadapi walaupun pahit. Pelajaran yang gw petik adalah rasa syukur, tidak putus asa, kesetiaan Engkong sama Nyak yang sudah sakit-sakitan.

Gw berdoa supaya Tuhan kasih Engkong & Nyak kekuatan. Ga cuma itu, mungkin orang2 yang nasibnya juga hampir sama dengan mereka. Tuhan kasih kekuatan buat mereka semua, Tuhan bahagiakan mereka semua dengan cara-Mu. Gw juga berdoa semoga semakin banyak orang yang nonton acara itu, semakin banyak orang yang tersentuh hatinya untuk membantu orang2 seperti Engkong. Supaya dunia ini makin damai. Amin.

Sekarang ini gw sedih banget, sedih karena ga tau gw bisa berbuat apa. Tadi gw telp nyokap and suruh nyokap nonton acara ini. Ternyata emang nyokap lagi nonton juga. Gw bilang sama nyokap kalau ternyata hidup gw and keluarga masih jauh jauh jauh lebih baik dari Engkong. Gw rasa mulai hari ini gw mesti lebih wise manfaatin uang gw dan waktu gw. Buat sesuatu yang lebih meaningful buat hidup ini. Hidup ini terlalu pendek untuk disia-siakan. Enjoy life bukan cuma bisa dengan hura2. Dengan bantu orang lain, gw juga harusnya bisa ngerasa happy. Kalau bisa berbuat untuk bikin orang bahagia, seharusnya kita juga ngerasa lebih bahagia. Sekarang ini perasaan gw sedih banget. Pelajaran hari ini bener2 touch my deepest heart.

Mungkin ada yang ngerasa tulisan gw ini terlalu basi untuk dibaca. Gw cuma mau ngungkapin isi hati gw aja. Gw ga peduli sama komentar apapun masalah tulisan ini.

No comments: