Sunday, March 22, 2009

Qing Ming Festival...

Hari ini pagi2 udah bangun. Jam 4-an gitu deh kalo ga salah.
Sekeluarga besar kita sembahyang ke makam Ama & Akong.
Ini yang kita namain Qing Ming Festival.
Hari2 di mana orang2 "nyekar" ke makam orang yang udah meninggal.
Kebetulan kebiasaan keluarga besar gw adalah 2 kali dalam setahun, 1st pas Qing Ming then 2nd pas bulan 7 Lunar Calender.

Gw liat makin lama sebenernya makin sedikit orang yang ngerti apa yang mesti dilakuin waktu Qing Ming. Makin sedikit orang muda yang peduli dengan perayaan ini.
Sedih banget deh rasanya. Soalnya menurut gw, ini kan tradisi, perlu dilestarikan. At least take the positive way of thinking on it. Sebenernya ini tuh bukan menyembah berhala atau apa, tapi ini tuh tanda bahwa kita menghormati leluhur kita.
Memang sekarang ini dunia udah banyak mengalami "pergeseran" budaya.

Orang sekarang lebih seneng pilih gaya yang ke-barat-barat-an.
Haiyaaaaa.. I mean, there're so many things on our own tradition yang harus kita perhatiin dan bisa kita contoh, ngapain juga sih mesti ikut2an orang lain? Apa sih yang mesti dibanggain kalo kita cuma niru aja.

Di keluarga besar gw juga dulu banyak banget yang ikut pergi sembahyang, tapi sekarang makin berkurang. hiksss. sedih banget. Waktu kecil, begitu antusias untuk ikut. Semakin besar, semakin malas dan hilang orang2 yang biasanya pergi sembahyang.
Gw berharap sih semoga mereka memang benar2 ga bisa pergi, tapi mereka ga lupa akan Ama & Akong. Akan jasa2nya mereka, akan sayangnya mereka ke cucu2nya.
Dan semoga saja mereka tetep bisa doain Ama & Akong.

Hari Rabu besok, giliran sembahyang Bokap. Gw emang pesen sama Nyokap supaya bisa pilih hari yang habis sembahyang Ama & Akong. Karena Bokap gw kan anaknya, jadi harus belakangan. Gw tetap mau hormatin Ama & Akong karena mereka jasanya sangat besar juga buat kami semua.

Sebenernya gw berharap kegiatan seperti ini bisa ningkatin rasa persaudaraan, mendekatkan saudara2 semuanya yang karena kesibukannya masing2 jadi jarang kumpul.
Kalau ada acara seperti ini, kan mereka harusnya datang kumpul.
Supaya Ama & Akong waktu liat bisa ngerasa seneng juga di sana karena liat anak dan cucunya banyak dan saling menyayangi.

Belum sempet pindahin photonya dari kamera nih. Nanti kalo udah, gw bakalan upload deh. hehehe..
Sekarang mau tidur dulu. Capek.. Jalan seharian...
Besok mau kerja.. See you..

No comments: