Saturday, April 12, 2008

Setahun Sudah Papa Pergi..

Hari ini, tgl 12 April 2008. Tepat 1 tahun papa pergi meninggalkan keluarganya.
Masih segar sekali ingatan gw akan hari ini.

Tgl 12 Apri 2007
Jam 09.00 pagi, Papa masih tidur. Tidur menurut gw, tapi menurut Rumah Sakit, ini namanya koma. Menurut ingatan gw, Papa jam segini itu lagi tidur nyenyak. Sepertinya capek banget. Selang infus, cateter dan oksigen masih terpasang. Sudah 1 minggu dari awal Papa masuk rumah sakit. Papa masuk Rumah Sakit tgl 6, waktu itu Jum'at Agung. Hari libur. Gw yang antar Papa ke rumah sakit. Hari itu kebetulan libur, dan gw udah khawatir sekali lihat keadaan Papa. Tapi Papa masih bisa jalan. Gw antar Papa ke rumah sakit dan gw juga tinggal di rumah sakit itu. Ga kepikiran sekalipun untuk pulang selama Papa belum pulang. Mama & Ale (panggilan adik perempuan) datang, jadi Ati & Titi (panggilan adik laki-laki, dalam keluarga gw memang kita ga panggil nama, kita semua panggil sebutan masing-masing), gw suruh mereka pulang. Kasihan, mereka juga sakit. Mungkin karena kecapekan gantian jagain Papa. Gw yang agak tahan banting. Udah seminggu ikut Papa di Rumah Sakit, tapi masih gagah (maklum gizinya memang beda).

Jam 10.00 pagi, gw coba tanya suster kenapa Papa belum bangun juga. Suster bilang yah karena Papa koma, jadi ga tau kapan sadarnya. Ini tergantung dari Papa sendiri.
Mereka coba ambil darah untuk dicheck, ternyata sudah sulit sekali ambil darah, darahnya kental sekali, ambilnya pun dari kaki. Kasihan sekali lihatnya, pasti sakit banget.

Jam 10.55 pagi, Papa tidur dalam keadaan kepalanya miring ke kiri. Kasihan banget. Gw pikir, kalau nanti Papa bangun, pasti lehernya sakit banget. Alasan itu yang bikin kita akhirnya menurunkan tempat tidur Papa dan mengangkat bersama-sama. Pada saat itulah, gw ngerasa muka Papa kok pucat, tapi Mama bilang itu bukan pucat, tapi itu hitam. Kita semua langsung panik, dan gw yang paling histeris panggil dokter.

Jam 11.00 pagi, Papa pergi untuk selama-lamanya. Bener-bener tenang. Pergi dalam tidur panjangnya. Seperti yang sering Papa bilang, kalau mau meninggal, maunya itu tidur dan ga bangun lagi. Semua langsung histeris, dan gw rasa yang paling menyesal adalah Ati & Titi. Mereka berdua saat itu ga di sisi Papa karena sedang pulang istirahat.

Papa, walaupun Papa sudah pergi, tapi kita semua masih ngerasa bahwa Papa selalu jagain kita. Pesan-pesan Papa, nasihat-nasihat Papa, obrolan dengan Papa, makanan kesukaan kita (biasanya makanan kesukaan Papa itu, makanan kesukaan gw juga, gw emang mirip banget sifatnya sama Papa).
Semua kenangan suka maupun duka dengan Papa, pasti kita ingat.
Meskipun Papa ga sama kita lagi secara fisik, tapi Papa tetap hidup dalam hati kita semua (for sure I feel that).

Miss you Papa..

No comments: